• Terdapat penambahan fitur baru pada www.aidsjateng.or.id yaitu 'TV Spot KPAP'
  • SK Pembentukan KPA Kab/Kota, bisa di download pada menu direktori
  • Data Kasus HIV dan AIDS sampai dengan 31 Desember 2014 adalah 10.804 kasus
  • Sudah Ada 35 KPA Kab/Kota di Jawa Tengah

Online News

Penderita HIV AIDS Terbanyak di Juwana
ditulis pada 25 2015
 

PATI – Kasus HIV/AIDS di Pati terus meningkat. Persebarannya telah merata di 21 kecamatan. Juwana merupakan  kecamatan dengan temuan kasus HIV/AIDS paling tinggi.

Berdasar data Dinas Kesehatan (Dinkes) Pati yang dilansir Pusat Informasi dan Konsultasi Masyarakat (PIKM) Nahdlatul Ulama (NU), penemuan kasus HIV/AIDS di wilayah Puskesmas Kecamatan Juwana mencapai 33 kasus. Kemudian terbanyak kedua di wilayah pelayanan Puskesmas Kecamatan Margorejo sebanyak 30 kasus.  Adapun penemuan kasus di puskesmas lain di bawah angka 30.

Temuan itu terungkap dalam pelatihan HIV/AIDS yang digelar PIKM NU bekerja sama dengan Pengelola Program HIV/AIDS, SSR NU Jateng Fatayat 2 di gedung NU Pati, baru-baru ini. Pelatihan melibatkan perwakilan ranting NU dari 21 kecamatan.

Ketua PIKM NU Pati, Abdul Majid mengatakan, persebaran HIV/AIDS di Pati, belakangan ini menjadi keprihatinan banyak pihak. Tidak terkecuali kalangan Nahdlatul Ulama (NU).

Usia Produktif

Terlebih lagi angka kasus HIV/AIDS didominasi usia produktif dan telah menyebar di seluruh wilayah Pati. NU memiliki perhatian khusus lantaran Pati merupakan kantong ormas Islam.

‘’NU harus turut terlibat dalam penanggulangan HIV/AIDS. Karenanya, perlu pemahaman tentang seputar penyakit tersebut berikut persebarannya kepada semua warga nahdliyyin sebagai pengetahuan untuk penanggulangan,’’ ujarnya.

Pelatihan akan menjadi proyeksi pembentukan kader PIKM di setiap kecamatan. Harapannya, setiap kader dapat berperan aktif dalam mengedukasi masyarakat, bahkan menjadi teman sebaya bagi orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

Dalam pelatihan tersebut juga digelar VCT mobile hasil kerja sama SSR NU Jateng Fatayat 2 dengan RSUD Kayen. Sejumlah warga NU yang juga berkesempatan melakukan tes HIV/AIDS.

Secara komulatif sejak 1996 hingga November 2014 angka HIV/AIDS di Pati mencapai 665 kasus. Sebanyak 93 orang di antaranya meninggal dunia. Angka tersebut menempatkan Pati masuk peringkat keempat untuk angka HIV dan peringkat pertama untuk angka AIDS di Jawa Tengah. (H49-36)

 
Sumber : www.berita.suaramerdeka.com - 17 Januari 2015