• Terdapat penambahan fitur baru pada www.aidsjateng.or.id yaitu 'TV Spot KPAP'
  • SK Pembentukan KPA Kab/Kota, bisa di download pada menu direktori
  • Data Kasus HIV dan AIDS sampai dengan 31 Desember 2014 adalah 10.804 kasus
  • Sudah Ada 35 KPA Kab/Kota di Jawa Tengah

Online News

Penderita HIV/AIDS di Purbalingga Naik Tiap Tahun
ditulis pada 04 2013
 

Penderita HIV/AIDS di Purbalingga Naik Tiap Tahun

 

Penderita HIV/AIDS di Kabupaten Purbalingga setiap tahunnya selalu mengalami kenaikan. Bukan hanya di perkotaan saja bahkan sudah merambah di hampir semua kecamatan, walaupun jumlahnya masih relative sedikit.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan  (P2PL)- Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Semedi menuturkan bahwa prevalansi atau penyebaran HIV/AIDS bagaikan fenomena gunung es.

"Yang nampak hanyalah permukaan belaka namun kasus yang sesungguhnya jauh lebih besar daripada kasus yang nampak di permukaan," katanya.

Distribusi kasus HIV di Kabupaten Purbalingga dari tahun 2010 hingga September 2013 berdasarkan jenis kelamin untuk perempuan sebesar 43% dan laki-laki 57%. Sedangkan distribusi kasus AIDS dari tahun 2010 hingga September 2013 perempuan 50% dan laki-laki 50%.

Sedangkan untuk distribusi kasus AIDS berdasarkan kelompok umur kelompok usia produktif menempati urutan pertama, dan untuk kelompok berdasarkan pekerjaan buruh menempati posisi pertama sebesar 37%,  ibu rumah tangga (IRT) 43%, sopir 7%, karyawan 4% dan lain-lain sebanyak 25%.

 
Sumber : www.suaramerdeka.com 30 Oktober 2013